Tips merawat burung Kenari

Burung berkicau adalah hewan peliharaan yang popular saat ini, karena burung jenis ini banyak peminatnya serta ada komunitasnya. bahkan banyak diadakan lomba juga..

Salah satunya adalah burung kenari, Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Terkesan karena keindahan bulu dan kemerduan suaranya. Keaneka ragaman burung kenari yang sekarang merupakan perkembangan keturunan kenari liar yang bernama latin Serinus Canarius. Banyaknya jenis ini merupakan kondisi alam atau juga karena kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Tips Merawat Burung Kenari


Terus bagaimana cara merawat burung kenari agar tetap sehat..? berikut ini sedikit tips bagi kalian yang memlihara burung kenari:

1. Pastikan sangkar burung bersih
sangkar yang bersih akan membuat burung kenari anda sehat, serta tidak menimbulkan penyakit bagi burung. Jika perlu bersihkan sangkar setiap hari agar kotoran burung tidak mengendap di sangkar.

2. Lingkunagn yang tenang
Pastikan lingkungan anda tenang dan tidak berisik dari kendaraan, mesin dll. lingkungan yang tenang akan membuat burung tenang dan enjoy

3. Lindungi sangkar burung kenari anda dengan kerodong, baik siang ataupun malam hari, supaya tetap tenang dan tidak terganggu dari lingkungan di luar.

4. Berikan makanan dan multivitamin yang banyak mengandung protein, seperti telur puyuh serta sayuran.
dan sayuran harus diganti setiap hari, agar dalam kondisi segar. Tambahkan jagung untuk mendapat tambahan karbohidrat

5. Jemur minimal 2 hari
sinar matahari sangat baik untuk menjagta suhu tubuh burung, tapi jangan jemur setiap hari minimal 2 hari sekali dan jangan dijemur ketika terik matahari sangat panas, jemurlah saat jam 7 - 8 pagi.

Demikian tips merawat burung kenari agar tetap sehat serta berkualitas bagus. semoga bermanfaat bagi kalian pecinta burung kenari.