Cara Membersihkan Kandang Kelinci Paling Mudah

Cara Membersihkan Kandang Kelinci Paling Mudah - Jika anda sedang memelihara kelinci,maka perawatan kelinci wajib dilakukan, salah satu caranya adalah membersihkan kandang kelinci tersebut, berikut ini merupakan langkah - langkah yang dapat anda ikuti tentang cara membersihkan kandang kelinci. Dengan kandang yang bersih tentunya akan membuat kelinci tersebut dapat hidup dengan baik dan terhindari dari berbagai macam penyakit.

Untuk membersihkan kandang kelinci ada 2 hal yang harus anda lakukan, yaitu pembersihan secara rutin dan pembersihan secara menyeluruh. Berikut ini pernjelasan masing - masing pembersihan kandang kelinci tersebut:

  • Pembersihan Secara Rutin
Ini merupakan kegiatan rutin yang harus anda lakukan , cara pembersihan yang dilakukan tiap hari, berikut ini langkah - langkah pembersihan kandang kelinci secara rutin:

- Membuang sisa makanan yang tidak dimakan
Biasanya ketika anda memberi pakan pada kelinci tersebut tidak semu makanan habis, banyak faktor penyebab makanan tersebut tidak habis, seperti kelinci sudah kenyang, sudah bosan dengan makanan tersebut dan masih banyak faktor lainnya. Agar kandang kelinci tersebut tetap terjaga kebersihannya adalah dengan membuang sisa makanan yang terdapat pada kandang tersebut, ambil sisa makanan kemudian buang. Kegiatan membuang sisa makanan kelinci ini anda bisa lakukan ketika di pagi hari.

- Membersikan Wadah Minuman dan Makanan
Untuk menjaga kelinci anda tetap sehat, anda dapat membersihkan wadah minuman dan makanan tersebut setiap hari, dengan wadah yang bersih tentunya bebas kuman, selain itu juga akan membuat kelinci yang dipelihara terhindari dari berbagai penyakit.

- Bersihkan Kotoran
Kelinci pastinya mengelurkan kotoran, agar kandang kelinci tersebut tetap bersih maka anda dapat melakukan pembersihan kandang kelinci tersebut setiap hari, sapu kandang kelinci, pastikan kotoran yang terdapat pada kandang hilang.

Baca Juga: Ukuran Kandang Kambing yang Tepat

  • Pembersihan Secara Menyeluruh
Pembersihan ini dapat anda lakukan minimal 1 minggu sekali, ketika proses pembersihan ini sebaiknya pindahkan kelinci tersebut di kandang sementara, untuk menghindari kelinci menjadi stress. Berikut ini langkah - langkah cara membersihkan kandang kelinci secara menyeluruh:

- Pengelapan Kandang
Pengelapan ini anda dapat lakukan dengan cara mengelap bagian kandang tersebut dengan kain yang basah, pastikan debu dan kotoran yang menempel dapat hilang, Biarkan kandang sampai kering sempurna.

- Perbaikan Kandang
Jika terdapat kerusakan pada kandang tersebut segara lakukan perbaikan agar kerusakan tersebut tiak dapat menimbulkan kerusakan yang lainnya.

Cara Membersihkan Kandang Kelinci Paling Mudah
Cara Membersihkan Kandang Kelinci Paling Mudah
Untuk membersihkan kandang kelinci ini sebenarnya mudah sekali, untuk pembersihan ini anda dapat lakukan secara rutin agar kelinci tersebut dapat hidup nyaman berada di dalam kandang.